Kooshardjanto's Room

Tahun depan, Ouval Research Going Worldwide | Februari 15, 2009

Tahun depan, Ouval Research Going Worldwide
Wednesday, 14 May 2008

Meski keberadaannya sudah berjubel, distro dan clothing masih akam menikmati masa-masa keemasan tahun 2008, bahkan Ouval menargetkan bisa menembus pasar internasional. Russanti Lubis

Dewasa ini, industri clothing (produsen sekaligus pemasok aneka busana dan aksesorinya ke berbagai distro, baik dengan sistem titip jual maupun jual putus, red.), sudah berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan. Buktinya, bisnis yang semula sekadar untuk menyalurkan hobi dan kreasi ini, setelah pasarnya terbentuk, berkembang bak jamur di musim hujan. Hampir setiap bulan, tumbuh yang baru. Bahkan, kini jumlahnya mencapai ratusan dan letaknya tersebar dari kota besar hingga ke pelosok daerah. Sekadar informasi, Majalah Pengusaha edisi Agustus 2006, mencatat di Bandung saja terdapat sekitar 300 clothing dan 100 distro (distribution store, red.).

Saking banyaknya, setiap 100 meter di sebuah jalan di kota yang dijuluki Paris van Java itu, bisa ditemui empat sampai lima toko clothing. Pertumbuhan yang luar biasa ini, mau tak mau memunculkan persaingan yang semakin ketat. Menghadapi hal ini, Ouval Research, salah satu perintis clothing, selalu berusaha menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda, sesuai dengan namanya. Misalnya, di tahun 2005, Ouval Research menciptakan

MICO The MP3 Player dan Ouval Research Timing. Sedangkan pada tahun 2006 membuat Paper Apparel The Apollo Series, Stay Dry T-shirt, dan Soundmeka.

Lantas, di tahun 2007 atau bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-10, perusahaan street brand lokal yang terinspirasi dari komunitas skateboard ini, menyelenggarakan serangkaian program, seperti mengeluarkan produk image bernama Stay Dry Track Jacket (Januari–Mei 2007), menyelenggarakan Decade Issue–The 10th year anniversary (Juni–Agustus 2007), mengeluarkan produk image Dead Format Series T-shirt (September–Nopember 2007), menyelenggarakan CVS End of League 2007 (Desember–Januari 2008), dan mengeluarkan produk image The Transporter (Desember 2007).

Selanjutnya, tahun 2008, Ouval Research menargetkan untuk Going Worldwide with Ouval Research Specialty Shop. “Maksudnya, Ouval Research ingin mempunyai toko khusus yang menjual produk-produk sendiri ke pasar internasional. Sejauh ini, kami telah membidik antara lain Singapura, Australia, Belanda, dan Jerman untuk kami jadikan perluasan pasar di luar negeri,” kata Irfan Bijaksana, Public Relations & Promotion Manager Ouval Research. Sekadar informasi, untuk pasar dalam negeri, produk-produk Ouval Research juga dapat dijumpai di Ouval Research Exhibition Room dan Gummo Shop, baik yang terletak di Bandung maupun Jakarta.

Perluasan pasar juga dilakukan Ouval Research yang dibangun dengan modal awal Rp200 ribu ini, dengan merangkul beberapa stasiun swasta nasional dan lokal, serta stasiun televisi swasta internasional (MTV Asia, red.). Nah, satu lagi fakta membuktikan bahwa tak perlu modal besar untuk berbisnis. Yang lebih diperlukan adalah kegigihan dan jeli dalam menangkap peluang, serta selalu berusaha menciptakan inovasi.

© 2009 Majalah Pengusaha – Peluang Usaha dan Solusinya


Ditulis dalam Tak Berkategori
Tags: , , ,

1 Komentar »

  1. ouval buka cabang donk di bandar lampung?

    Komentar oleh yusuf — Juli 4, 2009 @ 5:37 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

    Februari 2009
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    232425262728  
%d blogger menyukai ini: