Kooshardjanto's Room

Bisnis dengan nilai tambah | September 23, 2008

Sekarang kita amati disekitar kita. Berapa harga coca cola kaleng di warung ? paling mahal 3500 rupiah. coba kita pergi ke sebuah mall, dan beli coca cola dengan ukuran yang sama, ternyata harganya menjadi mungkin 5000-an. Apabila anda membelinya di kios dalam sebuah bioskop bisa jadi anda harus merogoh uang 6000-an.
Bagaimana kalo anda membelinya di sebuah hotel berbintang 5 dimana degan ukuran yg sama namun dibawakan oleh seorang pelayan dengan dandanan menawan, paling tidak uang 50rb bisa anda keluarkan untuk sebuah coca cola yg asalnya bernilai tidak lebih dari 3rb rupiah.
So, bisa kita katakan bahwa harga sebuah product akan menjadi tinggi jika ada penambahan nilainya. Product yang sama jika dikemas dengan menarik akan meningkatkan nilai jual product tsb. Coca cola yng dijual di mall menjadi mahal krn membelinya ditempat yg eksklusif dengan ruang yg dingin. Begitupun jika membelinya di kios bioskop yg lebih private. Dan bila membelinya di Hotel, sebuah product yang dijual dalam balutan nuansa ekslusifitas dengan dilayani oleh seorang waiters yang anggun nan menawan bak kita dihargai seperti seorang raja, maka tidak ada yang complain terhadap nilai suatu product.
Sebuah bisnis yang baik haruslah mampu untuk dapat meningkatkan nilai sebuah product. Pembeli tidak merasa rugi atau kecewa terhadap harga sebuah product asalkan mereka merasa sesuai dengan nilai product tersebut, walaupun harga asli sebuah product adalah rendah namun jika dikemas dengan menarik dia kan menjadi lebih bernilai.


Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: